Tentang KKN

1. Latar Belakang
Gagasan diselenggarakan Kuliah Kerja Nyata erpadu (KKNT) sudah dimulai sejak penyelenggaraan KKN 2001 Unversitas Muhammadiyyah Sidoarjo. Pesnyusunan konsep KKNT didasarkan pada konsep Pedoman Pelaksanaan dan Pengembangan Kuliah Kerja Nyata yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengambdian Masyarakat Ditjen Pendidikan Tinggi.

Di dalam Pedoman yang disebutkan di atas antara lain tertulis sebagai berikut :
"Ide awal Kuliah Kerja Nyata merupakan usaha kegiatan pengabdian  Mahasiswa kepada masyarakat. Namun mengingat permasalahan dalam pembangunan sangat komplek dan saling pautan, maka perlu penanganan secara pragmatis dan interdisipliner. Untuk itu diperlukan adanya pendidikan yang dapat bekerja secara interdisipliner dan menanggulangi permasalahn secara pragmatis"
Dari tukilan di atas tampak bahwa KKN bukanlah hanya pengabdian kepada masyarakat, akan tetapi merupakan kegiatan yang memadukan unsur Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat. Dimana tiga hal tersebut terkemas dalam istilah "Tri Dharma Perguruan Tinggi".

Atas dasar hal tersebut di atas, maka lahirlah gagasan untuk menyelengrakan KK Terpadu, yang polanya disesuaikan dengan kebutuhan riil Mahasiswa Universitas  Muhammadiyah Sidoarjo terutama dalam memenuhi tugas-tugas kurikulernya dan disesuaikan pula dengan kondisi lokasi KKN dilaksanakan. Adapun pola KKN yang dimaksud adalah KKn yang memadukan unsur Pendidikan, Penilitian, Seminar, dan Pengabdian kepada Masyarakat.
Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata Terpadu 2015

  •  Tujuan dan Target KKN
  • Tujuan KKNT  :
1. Melatih mahasiswa agar mampu memadukan kaidah teoritis yang diperoleh di bangku kuliah dengan praktek di lpangan.
2.Memberi pengalaman kepada mahasiswa, menumbuhkan sikap cinta kepada masyarakat dan kemampuan mengabdi kepada masyarakat.
3.Membantu masyarakat dalam upaya meningkatkan kualitas hidupnya dengan kemampuan sendiri.
4.Memajukan syiar Islam di masyarakat dengan semangat kemuhammadiyahan.
  •  Target KNT :
1.Berkembangnya pemahaman, penghayatan, dan pengalaman mahhasiswa dan masyarakat di pedesaan menjadi lebih baik sesuai dengan misi persyarikatan. Mahasiswa dan masyarakat menyadari betapa pentingnya agama dalam  setiap aspek kehidupan. Melalui pendekatan agama diharapkan dapat memecahkan berbagai problem kehidupan sehari-hari.
2.Berkembangnya kesadaran mahasiswa dan masyarakat dalam kehidupan sosial dan budaya.
3.Meningkatkan kesadaran mahasiswa dan masyarakat dalam menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan.
4.Meningkatnya motivasi kerja, semangat hidup dan ketrampilan mahasiswa dan masyarakat dalam memecahkan problematika hidup dan tantangan modernisasi.
5.Meningkatkan kesadaran mahasiswa dan masyarakat dalam melaksanakan pembangunan fisik maupun mental dengan dijiwai semangat persyarikatan. 
  • Ruang Lingkup Kegiatan KKNT
Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Terpadu Universitas Muhammadiyah Sidoarjo didaskan pada pedoman pelaksanaan Sistem Kredit Semester Kopertis Wilayah VII dan Kopertis wilayah IV Surabaya, dengan kurikulum yang meliputi empat kegiatan sebagai berikut :
1.Pendidikan / Pembekalan dengan kuliah biasa / penataran berlangsung 1 hari, dengan bobot 25%.
2.Action Riset dan Seminar, berlangsung 1 minggu dengan bobot 25%.
3.Kegiatan Pengabdian kepada Masarakat berlangsung 2 minggu dengan lama bekerja 9 jam tiap hari, dengan bobot 50%.
    Blogger Comment

0 comments: